Pengalaman Mencari Penyebab dan Obat Sering Pusing

Pengalaman Mencari Penyebab dan Obat Sering Pusing - Ini menyangkut pengalaman saya yang sering pusing. Ya, pusing itu bisa datang menyerang saya kapan saja. Ketika bangun tidur, ketika sedang berkendara, ketika sedang mengerjakan tugas kantor, ketika sedang mengetik, dan lain sebagainya. Yang jelas sakit kepala yang saya alami tidak pernah datang dengan undangan. Sakit kepala yang saya alami biasanya di bagian belakang, kadang-kadang juga sakit kepala sebelah atau di bagian kiri. Saya tidak pernah menyengaja untuk mengundang sakit kepala atau pusing. Saya menghindari benar minum alkohol sebagaimana orang-orang yang senang teler. Tapi saya kadang berpikir, pusing yang saya alami ini mungkin muncul akibat ulah saya sendiri.

Demikianlah, saya akhirnya mencoba mencari penyebab pusing yang saya alami. Kenapa dan bagaimana cara mengatasinya? Memang sih, ketika pusing itu datang, saya segera meminum obat warung dan hilanglah pusing yang saya rasakan. Tapi masa sih saya harus nguntal obat terus. Kasihan ginjal saya, kasihan tubuh saya. - Tips Sehat

Sebelum nanti anda saya tunjukkan beberapa dugaan penyebab pusing yang saya alami dan mungkin juga sama dengan yang anda alami, terlebih dulu saya ingin ceritakan soal pengalaman saya datang ke dukun pijat. SAya tidak biasa pijat, dan ketika pijat saya katakan keluhan sering pusing saya pada tukang pijat. Si Tukang Pijat mengatakan bahwa ada saraf-saraf di sekitar leher saya yang memang kurang baik kerjanya. Lalu saya dipijat. Diurut dengan baby oil. Rasanya sakit sekali. saya tidak kuat. dan si Tukang Pijat juga tidak sanggup untuk melanjutkan, tidak cukup sekali, katanya. BEsok datang lagi, lanjutnya. Setelah pegal-pegal saya ilang, saya datang lagi, saya masih tidak kuat menanggung urutan si tukang pijat. lalu saya di suruh datang lagi besok. Sampai sekarang saya belum ke sana lagi, tidak pula saya kirim SMS kepada si Tukang Pijat itu. 
penyebab dan sering pusing

Lalu saya cari-cari informasi berkaitan dengan penyakit sakit kepala saya. Saya menemukan beberapa penyebab sering sakit kepala itu dari beberapa situs.

Berikut merupakan beberapa saja (mungkin ada penyebab lain) hal yang bisa membuat anda dan saya gampang sakit kepala. Seperti disampaiakan oleh seorang pakar penyebab atau faktor penyebab pusing meliputi beberapa hal, yaitu:

Terjadi Problem pada jantung

Masalah pada jantung bisa terjadi seperti kurangnya asupan darah yg keluar dr jantung, penyakit otot jantung atau cardiomyopathy, juga denyut jantung tidak teratur atau aritmia). Selain itu masalah janjung juga bisa berupa penurunan volume darah hingga menyebabkan jenis darah dari jantung tdk memadai. begitu.

Masalah Kurang darah (Anemia)

Tahulah apa itu anemia? Anemia adalah kondisi kurangnya kadar Hb (Haemoglobin) / kurangnya jumlah sel darah merah (eritrosit). Kurang darah bukan berarti darang kita kurang, tapi tekanan darah kita yang kurang. Efeknya, kandungan oksigen (O2) dalam darah kita menjadi berkurang, akibatnya jelas, kita menjadi mudah pusing. beberapa faktor kenaa kita anemia di antaranya : kekurangan zat besi, atau bisa juga karena cacingan, perdarahan menstruasi yang berlebih-lebihan / lama & penggunaan obat penurun tekanan darah dapat menyebabkan pusing kalau dosis yang dipakai terlalu besar.

Kelebihan kolesterol, lemak darah & gula darah

Kalau kita kelebihan kadar kolesterol, lemak (trigliserida) & gula pada darah maka itu juga dapat menyebabkan darah mengental hingga memperlambat jenis darah di semua tubuh, termasuk di dalam otak. Akibat dari hal tersebut adalah timbulnya pusing (atau vertigo).

Akibat Kurang tidur

Anda kurang tidur? Saya iya. Kita tahu, tubuh bukanlah mesin yang dapat bekerja sehari penuh. Badan kita tentu butuh istirahat untuk mengembalikan kesegaran keesokan harinya. Sebanyak apapun pekerjaan kita, mungkin memang sebaiknya jangan hingga mengurangi porsi tidur anda. Karena jika kamu kurang tidur untuk memburu kerja, jangan salahkan kalau pusing akan mengganggu anda ketika bekerja. Sehingga yg kamu lakukan so kurang optimal.

Kecemasan yang Over

Kita mungkin pernah mengalami gangguan kecemasan seperti panik, merasa sangat grogi atau mengalami ketakutan tertentu. Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan seseorang merasa pusing karena adanya suatu tekanan yg terjadi dalam otak.

Bertambahnya usia

Usia itu berkurang atau bertambah? Entahlah. yang jelas, menurut para pakar, semakin bertambahnya umur seseorang biasanya akan lebih sering mengalami pusing. Kenapa? Karena otak sudah tdk bekerja secara optimal.

Hindari Makanan yang Dipanaskan ulang

Ya, memang sayang sih kalau makanan di buang. saya juga biasa memanaskan masakan dan memakannya lgi. tapi begini, menurut pakar, tidak sedikit jenis makanan terutama yang tinggi protein mengandung senyawa kimia alami yang disebut tyramine. Sebenarnya zat tersebut tak menyebabkan masalah besar. Hanya saja kadar yg masuk dapat meningkat tanpa Kamu sadari. Pada saat itulah, kadar tyramine yang terlalu tidak sedikit dapat melebarkan pembuluh darah di otak.

Bila makanan sisa bisa membuat Anda sakit kepala, hindari saja makanan yg dipanaskan ulang. Sediakan makanan dalam jumlah sedikit agar tak perlu menyimpan, memanaskan dan mengkonsumsinya lagi.

Prosses pemanasan dapat menyebabkan tyramine tumbuh. Mari kita hindari juga beberapa jenis keju tua seperti blur dan bree cheese. Anda lebih dianjurkan untuk memilih makanan yang segar.

Makan lebih sering

Tahukan anda, melewatkan sarapan, makan siang, atau makan malam ternyata dapat membuat kadar gula darah Anda tak stabil. Hal tersebut bukan saya yang ngomong, tapi seorang pakar bernama Seymour Diamond, M.D dari National Headache Foundation.

penjelasannya gini: ketika hormonim maka timbul nyeri atau sakit kepala. Karenanya, yuk kita belajar makan teratur. Kalau tak cukup banyak waktu, kita dapat mencoba mengonsumsi dengan porsi kecil namun sering, ngemil gitu ya.

Jadi intinya, sebagaimana sabda Rasulullah, makanlah sebelum Kamu lapar, dan berhentilah sebelum kami kenyang. Dan sebaiknya kita hindari makanan ringan bergula tinggi. Karbo biasa atau sederhana ini hendak membuat gula darah kita melesat naik kemudian turun lagi membuat Anda lapar kembali. Pilih cemilan karbo kompleks berserat. contohnya adalah seperti kacang rebus, almond, energy bar, protein bar rendah lemak atau buah-buahan.

Mengucir Rambut terlalu kencang

Mengikat rambut terlalu kuat dapat menyebabkan tarikan di jaringan kulit kepala lho. Mendorong timbulnya ketegangan otot & syaraf penyebab pusing. Sebuah studi menunjukkan sebagian wanita merasa sakit mereda, segera, / beberapa saat setelahnya hanya dengan mengendurkan ikatan rambutnya. Untung rambut saya pendek.

Bila Anda mesti mengikat rambut anda, katakanlah demi kepraktisan di kantor dan juga di pusat kebugaran. Buat ekor kuda yang longgar, sedikit acak-acakan yg gaya / ikat ekor kuda yang tidak menjadikan kulit kepala stres.

Kurangi kafein


Saya mah doyan banget sama kopi. Saya kira sakit kepala saya diakibatkan karena telat ngopi. Ternyata tidak sepenuhnya benar. Bagi beberapa orang, kafein bukan penambah semangat kerja melainkan jadi penyebab pusing / sakit kepala. Sedikit kafein dapat meringankan sakit kepala. Tapi, terlalu tidak sedikit memang bisa saja menyebabkan sakit kepala.

Terlalu Sering Bercengkrama dengan gadget

Ini gue banget. Penelitannya, ternyata lama melihat layar komputer / smartphone akan memberikan pengaruh buruk pada pembuluh darah di otak. Aduh! Kenapa? karena sebagian besar gadget memancarkan sinar yg merangsang syaraf kranial yang mendorong terjadinya peradangan sistem transmisi syaraf. Jika demikian maka benarlah jika pusing menyerang saya dan anda.

Lalu bagaimana solusinya? Kita disarankan untuk menggunakan pelindung layar yg mampu mengurangi pancaran cahaya. Sesudah Anda meredam silauan layar, perhatikan postur duduk Anda saat bekerja di depan komputer. Postur duduk yg baik hendak menolong mengurangi sakit kepala.


Ya, semuanya ternyata tergantung pada kadar sensitivitas kita. Mungkin tak mesti sama sekali berhenti minum kopi. Batasi saja asupan kafein kita sekitar 200 mg/hari atau cukup 2 cangkir kopi. Jumlah ini cukup untuk mencegah sakit kepala. Ingat pula bahwa asupan kafein bisa berkunjung dari cokelat, teeh, / beberapa jenis protein bar.

Akibat Pewangi

Ini menurut Headache, The Journal of Head and Face Pain, sebagaimana dikutip inilah.com. Bahwa aroma yg kuat bahkan aroma yang wangi / menyenangkan dapat menyebabkan sakit kepala bagi 40% orang-orang yg rentan terserang migren.

Aroma tertentu dapat membuat pembuluh darah di saliran penciuman meradang. Kemudian mengaktifkan syaraf-syaraf di bagian otak yang bertugas memproses informastion indra perasa Kamu.

Karenanya, hindari memakai wewangian apapun dalam waktu beberapa minggu & juga hindari penyemprotan rambut, deodoran, sabun / cairan pewangi. Pasalnya, wewangian semacam ini pula bisa menyebabkan trauma bagi beberapa orang seperti halnya bau-bauan kuat yg tak enak seperti bau rokok.

Akhirnya saya dapat menemukan beberapa penyebab sakit kepala atau pusing yang sering saya alami. Bisa jadi karena saya terlalu banyak minum kopi, terlalu keras berpikir, kurang tidur, sering bercengkerama dengan gadget, kurang air putih, atau kurang darah (saya mesti cek nih).

Yang jelas, diera digital ini pusing adalah penyakit yang banyak sekali dialami oleh manusia. Sebuah angka penelitian mengatakannya dengan 78 persen populasi manusia pernah mengalami gangguan ini. 
berikut beberapa gambar orang yang mungkin sedang pusing
kenapa mudah pusing

gampang pusing

cara mengatasi sakit kepala
Gambarnya laki-laki semua ya? Padahal berdasarkan penelitian perempuan justru lebih sering dan banyak yang pusing, tiga kali lebih sering mengalami sakit kepala dr pada laki-laki. Kenapa? Konon sih, sebagian karena akibat fluktuasi hormom yang kerap ikut mengaduk-aduk ujung syaraf penimbul sakit kepala.

Demikian pengalaman saya sering pusing. Anda juga bisa berbagi lewat kolom komentar. 
baca juga

terimakasih! artikel ini ditulis dari beberapa sumber. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »